Program Pascasarjana
Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis
Fakultas Kedokteran

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Seminar dan Workshop Literasi Medis

Tanggal : 19 Mei 2017 s/d 20 Mei 2017
Tempat : Auditorium FK UGM
Jam : 09.00 WIB - 17.00 WIB

Menumbuhkan gerakan Literasi Medis di Indonesia dari Kajian Ilmiah Menuju Populer

Literasi pada dasarnya bukan hanya kemampuan menulis tapi melibatkan komponen lain, yaitu kemampuan analisis, kemampuan persuasif hingga kemampuan lisan. Masyarakat saat ini dibanjiri oleh arus informasikesehatan yang “sesat”: akibat rendahnya perilaku kesehatan di dalam dunia literasi. Keengganan ini bisa diminimalisir dengan membentuk wadah atau komunitas literasi, sehingga para anggotanya bisa saling menginpirasi , berbagi ide, serta saling menyemangati aktivitas di bidang literasi medis. Kemampuan lainnya yang harus dimiliki oleh peminat literasi medis adlah kemahiran mengolah informasi ilmiah kedokteran menjadi bahasa yang lebih populer sehingga lebih mudah dimengerti oleh masyarakat awam.Oleh sebab itu komunitas indonesia Medical Literacy dan otoritas Fakultas Kedokteran UGM berupaya berbagi pengelaman dan keilmuan literasi dalam bentuk pelatihan dan workshop menulis artikel kesehatan dengan gaya ilmiah-populer.

SEMINAR :

Hari/Tanggal : Jumat, 19 Mei 2017

Waktu          :13.00 – 17.00 WIB

Tempat        : Auditorium FK UGM

 

 

LOKAKARYA :

HAri/Tanggal : Sabtu, 20 Mei 2017

Waktu          : 09.00 – 16.00 WIB

Tempat        : Gedung Pascasarjana FK UGM

 

Pembicara :

1. Prof. Dr. Mustofa, Apt, M.Kes. “Publikasi di Jurnal Ilmiah di Indonesia” (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada)

2. dr. J. B. Soebroto, Sp.P.A. (Menulis Makalah Ilmiah Popular Bidang Kedokteran” (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada)

3. Sri Wahyuni “Tantangan Media dalam Mengolah Isu Kesehatan dan Kolaborasi Profesi Medis dengan Media” (The Jakarta Post Biro Yogyakarta)

4. Team ImeL “Sosialisasi Komunitas IMeL”

5. Muhammad Husnil (Pengarang/Penyuting)

6. Ahmad Yunus Intruktur Menulis/relawan doctor SHARE