Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:50:14 WIB

Simposium “Cancer Biology: Opportunity in Research”

Dikirim oleh Ginus Partadiredja Dibaca 1046 kali
Pada tanggal 24-25 Agustus 2018 diselenggarakan symposium internasional dengan tema: Cancer Biology: Opportunity in Research”. Simposiuminidiadakan oleh Departemen Histologi dan Biologi Sel FKKMK UGM, juga karena bertepatan dengan perayaan purna tugas/ulang tahun ke 70 Prof.dr.Sofia Mubarika, M.Med.Sc., Ph.D di lingkungan FKKMK UGM. Dalam acara ini, beberapa pembicara didatangkan dari luar Indonesia. Ada pula pembicara dari dalam dan luar kota.

Selain berbentuk seminar ilmiah, diadakan pula lomba poster dan presentasi oral yang terbuka bagi peserta yang mengirimkan abstrak penelitianya. Poster dan presentasi peserta terbaik mendapatkan penghargaan dari panitia. Symposium yang dilaksanakan selama dua hari tersebut banyak dihadiri oleh mahasiswa, klinisi, peneliti, ataupun para pakar yang ahli di bidang kanker.

Pembicara dari luar Indonesia yang hadir antara lain Prof.Lawrence Young dari Warwick Inggris, Floris Foijer dari Groningen Belanda, dan Yap Lee Fah, Ph.D dari Kuala Lumpur Malaysia. Sedangka npembicara nasional antara lain Ahmad Utomo dan Prof.dr.Aru Wisaksono, Sp.PD dari Jakarta, serta Prof.dr. Yati Soenarto, Sp.A dari UGM.

Topik yang didiskusikan pada simposium ini meliput riset yang berkaitan dengan penggunaan hewan percobaan untuk mempelajari kondisi yang mengarah pada pembentukan jaringan kanker, peran faktor-faktor genetika dan luar genetika, pengembangan metode diagnosis dan obat-obatan baru seperti imunoterapi dan penggunaan sel punca (stem cell). Biaya yang tinggi dalam penelitian dasar masih disebut-sebut sebagai kendala di lapangan.Harapannya, forum simposium internasional seperti ini dapat membuka peluang besar untuk ide maupun kolaborasi penelitian baru dengan pusat-pusat riset baik dalam maupun luar negeri.