Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Rabu, 03 Oktober 2018 - 14:26:12 WIB

Simposium Imunologi Mukosa

Dikirim oleh Ginus Partadiredja Dibaca 539 kali

Pada tanggal 14-15 September 2018 telah diselenggarakan simposium nasional bertempat di auditorium FK-KMK UGM, dengan tema: “Imunologi Mukosa: Peluang dan Tantangan Penelitian Serta Pemanfaatannya dalam Praktik Klinik”. ini diadakan oleh Departemen Histologi dan Biologi Sel FK-KMK UGM, bertepatan dengan perayaan purna tugas/ulang tahun ke 70 Prof.dr. Marsetyawan HNE Soesatyo, M.Sc., Ph.D di lingkungan FK-KMK UGM. Dalam acara ini, beberapa pembicara didatangkan dari dalam maupun luar FK-KMK UGM.


Selain berbentuk seminar ilmiah, diadakan pula lomba poster dan presentasi oral yang terbuka bagi peserta yang mengirimkan abstrak penelitianya. Poster dan presentasi peserta terbaik mendapatkan penghargaan dari panitia. Simposium yang dilaksanakan selama dua hari tersebut banyak dihadiri oleh mahasiswa, klinisi, peneliti, ataupun para pakar yang ahli di bidang kanker.

Pembicara dari FK-KMK UGM yang hadir antara lain dr. Rina Susilowati, Ph.D, Jajah Fachiroh, M.Si, Ph.D, Dr.dr. Mahardika Agus Wijayanti, DTM&H, M.Kes, Dr.dr. Neneng Ratnasari, Sp.PD, Prof.dr. Tri Wibawa, Ph.D,Sp.MK, dr. Rina Triasih M.Med (Pead) Ph.D, Sp.A(K), Dr.dr. Umi Solekhah Intansari M.Kes, Sp.PK(K), dr. Sumadiono, Sp.A(K), Dr.dr. Hera Nirwati M.Kes, Sp.MK, dr. Desinta Putri Mulya M.Sc Sp.PD-KAI,FINASIM. Adapun pembicara dari luar civitas akademika FK-KMK UGM di antaranya adalah Dr.dr. Anang Endaryanto, Sp.A(K) dan Dr.dr. Gatot Soegiarto, Sp.PD-KAI, FINASIM dari Unair, Prof.Dr.dr. Marsellus Simadribrata, Sp.PD-KGEH, dari Universitas Indonesia, serta Dr. Neni Nuraini dari Biofarma.


Topik yang didiskusikan pada simposium ini meliputi keseimbangan pada pertahanan tubuh terhadap infeksi dan mukosa, peran pada patogenesis penyakit, interaksi antara cacing, jamur dan bakteri dengan sistem imun mukosa. Patogenesis infeksi HIV melalui jalur mukosa, vaksinasi mukosa, serta terapi desentisisasi pada alergi di mukosa juga turut dibahas pada simposisum ini. Terapi terkait sistem imun dan mikrobiota pada gangguan toleransi mukosa di traktus gastrointestinalis, serta peluang dan tantangan penelitian yang terkait dengan imunologi mukosa juga menjadi pembahasan yang menarik pada simposium ini (Tim mahasiswa S2 minat Histologi).