Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Rabu, 07 November 2018 - 08:31:28 WIB

Biomedik Field Trip 2018 : Institutional Research Laboratory Visit

Dikirim oleh Suhandoko Ariwibowo Dibaca 572 kali

Pada tanggal 24-25 Oktober 2018 telah diselenggarakan kegiatan Biomedik Field Trip Mahasiswa program studi Magister Ilmu Biomedik FK-KMK UGM dengan tema “Institutional Research Laboratory Visit” dengan inti acara berkunjung ke lembaga-lembaga penelitian terbaik dan terkemuka di Indonesia yaitu Lembaga Eijkman dan IMERI (Indonesian Medical Education and Research Institute). Mahasiswa Magister Ilmu Biomedik FK-KMK UGM dituntut bukan hanya menguasai teori dalam bidang ilmu biomedik dan mengabdi kepada masyarakat, melainkan juga harus mampu melakukan penelitian di bidang ilmu biomedik yang bereputasi internasional yang berlandaskan pada kearifan lokal. Hal ini juga merupakan pengaplikasian atau perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian. Lembaga penelitian Indonesia hadir sebagai wadah untuk meningkatkan iklim riset melalui inovasi-inovasi peneliti, khususnya penelitian di bidang biomedik. Kunjungan mahasiswa program studi Magister Ilmu Biomedik FK-KMK UGM ke instansi penelitian merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi terkait perkembangan ilmu pengetahuan sekaligus dapat memberikan inspirasi inovasi dalam hal penelitian. Kegiatan fieldtrip mahasiswa Magister Ilmu Biomedik angkatan 2017-2018 ini dirancang dengan menggabungkan kegiatan pembelajaran, pendidikan dan wisata.

Kunjungan pertama bertempat di Lembaga Eijkman, Jakarta. Rombongan peserta didampingi oleh dr. Dwi Aris Agung Nugrahaningsih, M.Sc, Ph.D., sebagai dosen pendamping kegiatan Field Trip 2018. Agenda utama dalam kunjungan adalah pemaparan topik-topik penelitian terbaru, di antaranya adalah (1) presentasi dan paparan mengenai kegiatan penelitian di Unit Mitochondria and Infectious Disease oleh Josephine E. Siregar, S.Si, M.,Sc, Ph.D., sebagai peneliti senior dan kepala Unit Mitochondria and Infectious Disease, ¬(2) presentasi dan paparan materi mengenai kegiatan penelitian di Unit Stem Cell oleh Dr. Dra. Ita Margaretha, M. Biomed sebagai peneliti senior dan kepala Unit Stem Cell, (3) presentasi dan paparan materi mengenai kegiatan penelitian di Unit Malaria and Vector Resistance oleh Dr. Puji Budi Setia Asih, S.Si sebagai peneliti senior dan kepala Unit Malaria and Vector Resistance, yang dilanjutkan dengan tour laboratorium Eijkman.

Kunjungan kedua bertempat di IMERI Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Jakarta. Peserta rombongan didampingi oleh dr. Dwi Aris Agung Nugrahaningsih, M.Sc, Ph.D dan Dra. Dewajani Purnomosari, M.Si, Ph.D sebagai dosen pendamping kegiatan Field Trip 2018. Agenda utama kunjungan adalah kunjungan ke 6 cluster laboratorium dengan dipandu oleh panitia dari IMERI yang terdiri atas (1) Human Genetic Research Center (HGRC), (2) Metabolic, Vascular, and Aging Research Center (MVA), (3) Sport and Exercise Study (SES), (4) Infectious Disease and Immunology Research Center, (5) Human Nutrition Research Center (HNRC), (6) Human Reproductive, Fertility and Family Planning Research Center (INA-REPROMED).