Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jumat, 09 November 2018 - 14:50:28 WIB

Training on Phylogenetics and Bioinformatics

Dikirim oleh Suhandoko Ariwibowo Dibaca 499 kali
Pada tanggal 30 Oktober 2018 Ruang Kuliah 2, Gedung Pascasarjana FK-KMK UGM diadakan One day training on Phylogenetics and Bioinformatics.  Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Biomedik, dr. Ginus Partadiredja, M.Sc., PhD. Narasumber tunggal pada pelatihan ini adalah Prof. Roger Frutos dari CIRAD-Perancis yang juga berafiliasi dengan University of Montpellier sebagai bagian dari kegiatan beliau dalam program Visiting Professor. Dalam pelatihan yang sifatnya masih pengantar ini, peserta dibekali gambaran yang utuh namun superfisial mengenai apa itu filogenetik dan bioinformatik dalam dunia kedokteran dan kesehatan. Materi disampaikan dengan runtut dan penuh semangat ini terdiri atas: Introduction to computational biology, Databases, OMICS, serta Phylogeny and Genotyping. 
 
Dalam pengantarnya, kuliah Introduction to Computational Biology, narasumber mengawali memberikan gambaran kompleksitas interaksi pada sistem organisme. Terobosan di ilmu komputer dan teknologi informasi memberikan peluang untuk melakukan pendekatan yang lebih integratif dan mendalam atas interaksi yang kompleks tadi. Materi kedua, Databases, menjelaskan mengenai definisi, tipe, dan sistem yang saat ini tersedia untuk memanfaatkan data yang dimiliki. Termasuk pentingnya penggunaan komputasi sebagai penunjang database dalam berbagai penelitian. 

 
Di sesi siang, Roger Frutos menjelaskan mengenai OMICS sebagai bentuk-bentuk data yang bisa diperoleh dari organisme. Data yang dimiliki dapat berupa genomics, proteomics, transcriptomics, metabolomics, inomics atau phenomics. Pada sesi ini titik berat pengkajian lebih pada introduksi metode dan analisis yang bisa dilakukan untuk data genomics, proteomics dan transcriptomics. Adapun pada materi Phylogeny and Genotyping Training, narasumber mengawali dengan filosofi dan teori dasar dari filogenetik yang dilanjutkan dengan penjelasan cara dan langkah-langkah membuat pohon filogenetik termasuk pengambilan kesimpulan atas hasil yang diperoleh.

 
Training yang diikuti oleh 54 peserta dari berbagai institusi dari berbagai kota, di antaranya Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Salatiga, ditutup oleh Dr.dr. Hera Nirwati, M.Kes, Sp.MK. Prof. Roger Frutos menyampaikan bahwa untuk mendapatkan ketrampilan yang paripurna diperlukan latihan intensif yang dlengkapi dengan praktek selama 2-3 minggu. Program Studi berharap dapat mengembangkan kerjasama lebih lanjut, termasuk di antaranya memfasilitasi training-training  lanjutan yang tidak hanya memberikan manfaat bagi internal sivitas akademika UGM namun juga institusi lain di Indonesia (tim EPID).