Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Selasa, 07 Mei 2019 - 10:12:14 WIB

Pengabdian Masyarakat Prodi S2 Magister Ilmu Biomedik Tahun Akademik 2018/2019

Dikirim oleh Ginus Partadiredja Dibaca 359 kali

Bertempat di SD Negeri Dayuharjo (desa Sinduharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta), Program Studi Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, UGM, telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan berthemakan “Let’s Learn and Share with our Next Generation” pada hari Sabtu, 27 April 2019. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan secara berkala setiap tahun ini, mengusung empat thema penyuluhan yang sudah disesuaikan dengan pemahaman anak-anak yaitu: mencuci tangan yang baik dan benar, pemilihan jajanan yang sehat, cara pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue, dan pencegahan terhadap resiko terjangkit penyakit yang disebabkan oleh cacing. Selain itu, Prodi MIB juga menggandeng Kelompok Studi Herpetologi dan Kelompok Studi Entomologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada, serta Departemen Anatomi FK-KMK UGM untuk mengisi pameran edukasi di acara tersebut.

Partisipasi mahasiswa MIB angkatan 2018 dalam kegiatan ini merupakan bentuk bakti kepada masyarakat. Sasran pengabdian masyarakat kali ini adalah anak-anak, dengan tujuan agar mereka dapat mempersiapkan diri sejak dini dalam hal pengenalan cara hidup sehat dan pengenalan tentang apa saja di sekitar mereka yang memiliki potensi sebagai sumber penyakit. Drs. Abu Yamin, Kepala Sekolah SD Negeri Dayuharjo mengatakan, “Semoga mahasiswa dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari di perguruan tinggi di masyarakat, yang salah satunya di SD Negeri Dayuharjo. Kami hanya memberikan tempat dan fasilitas. Semoga ilmu yang diberikan kepada kami dapat bermanfaat.”

Acara ini dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan sedikit pengarahan di lapangan, dengan manghadirkan murid-murid SD Negeri Dayuharjo beserta guru. Setelah itu dilakukan sesi penyuluhan dan pameran. Menurut Herlin Ajeng Nurrahma, salah seorang mahasiswa Prodi MIB angkatan 2018,“Acaranya sangat bermanfaat, dilihat dari antusiasme murid saat mendengarkan penyuluhan, pertanyaan kepada narasumber, dan upaya menjawab quiz. Acara penyuluhan dengan berbagai thema yang disesuaikan dengan kebutuhan murid-murid SD dirasa sangat menarik. Pihak SD Negeri Dayuharjo juga menyambut kami  dengan hangat, sehingga kegiatan kami bisa berjalan dengan lancar. Semoga acara seperti ini dapat berlangsung secara rutin untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat dari lingkungan terkecil yaitu sekolah dasar.” Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan foto bersama.  (Anisa Fatwa, MIB 2018).