Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Selasa, 14 Mei 2019 - 10:18:54 WIB

Road Show Prodi Magister Ilmu Biomedik FK-KMK UGM Tahun 2019

Dikirim oleh Suhandoko Ariwibowo Dibaca 113 kali
Pada tahun 2019 ini, Program Studi Magister Ilmu Biomedik (Prodi MIB) kembali menggelar kegiatan road show ke beberapa kota di Indonesia pada bulan April - Mei 2019. Kegiatan yang rutin dilakukan secara berkala oleh Prodi MIB ini, kali ini mengambil tempat di 6 universitas/kota, meliputi Universitas Nusa Cendana, Kupang (dengan petugas Dr. dr. Woro Rukmi Pratiwi, MKes, SpPD, pada tanggal 10 April 2019), Universitas Islam Sumatera Utara, Medan (dengan petugas Dr. Dra. Sri Herwiyanti, MS, pada tanggal 12 April 2019), Universitas Muhammadiyah Surakarta (dengan petugas Dr. drh. Sitti Rahmah Umniyati, SU, pada tanggal 15 April 2019), Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin  (dengan petugas dr. Nur Arfian, PhD, pada tanggal  25 April 2019), serta Universitas Palangka Raya (dengan petugas dr. Ginus Partadiredja, MSc, PhD, pada tanggal  2 Mei 2019).

Kegiatan road show diawali dengan presentasi tentang Prodi Magister Ilmu Biomedik FK-KMK UGM di hadapan para dosen muda, alumni, dan mahasiswa universitas yang bersangkutan. Kemudian kegiatan ini diikuti dengan diskusi dengan alumni dan pimpinan perguruan tinggi tempat alumni berkiprah. Di Universitas Lambung Mangkurat, kegiatan ditambah dengan Pelatihan Kuantifikasi Variabel Penelitian dengan Aplikasi Imaje J.
 
Presentasi tentang Prodi MIB dimaksudkan untuk menjaring minat calon mahasiswa baru S2 di Prodi MIB. Studi lanjut di bidang ilmu biomedik merupakan alternatif amat prospektif bagi dokter, tenaga kesehatan, atau alumni pendidikan S1 di bidang-bidang biologi lainnya, bagi perjalanan karir mereka. Hal ini mengingat profil lulusan MIB disiapkan untuk menjadi dosen dan peneliti, sehingga peluang berkarir sangat terbuka di berbagai institusi pendidikan dan penelitian yang memakai ilmu-ilmu biomedik. Beberapa pertanyaan yang muncul di dalam forum presentasi itu antara lain tentang syarat TOEFL dan TPA, rekomendasi, SPP, dan beasiswa. Untuk tes TOEFL dan TPA, tidak harus dilakukan di UGM. Kedua tes ini bisa diambil di kota tempat calon mahasiswa berada. Untuk rekomendasi belajar, dapat diperoleh dari institusi tempat belajar S1 atau pembimbing skripsi, dan tidak diwajibkan dari institusi tempat bekerja (bagi yang belum bekerja). SPP yang ditetapkan sudah mencakup keseluruhan kegiatan, karena merupakan Uang Kuliah Tunggal, sehingga tak ada tambahan biaya lainnya selama perkuliahan. Prodi MIB belum menyediakan beasiswa. Beasiswa dapat diupayakan melalui berbagai skema beasiswa dalam negeri seperti LPDP, kementerian, pemerintah daerah, atau institusi tempat bekerja. Di samping itu, ada usul agar kegiatan road show dapat dilakukan lebih awal dan penyebaran leaflet ke sekolah-sekolah tinggi kesehatan dilakukan lebih masif, untuk menjaring lebih banyak mahasiswa.

Diskusi dengan alumni dan pengelola institusi tempat bekerja para alumni terkait kualitas alumni dan kurikulum MIB pada umumnya memberi kesan positif. Beberapa upaya terobosan Prodi MIB untuk meningkatkan kualitas Prodi seperti inisiasi blok elektif, pengayaan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dengan lokakarya non-SKS dalam hal kemampuan mengajar, penulisan manuskrip publikasi internasional, dan statistik, amat mendapat apresiasi.
 
(MIB).