Program Pascasarjana
Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis
Fakultas Kedokteran

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Fasilitas Pendidikan

Untuk mewujudkan visi dan misinya sebagai Pusat Unggulan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat strata 2 dalam ilmu-ilmu biomedis, PS IKD & Biomedis Pascasarjana FK UGM didukung oleh berbagai unsur penunjang yang berupa perangkat kelengkapan akademik yang terdiri atas Laboratorium, Unit Perpustakaan dan Informatika Kedokteran, Unit Pelayanan Kampus, Unit Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pusat-Pusat Pengembangan, Rumah Sakit Pendidikan, Rumah Produksi dan sarana pendukung yang lain. Unsur penunjang tersebut berada dan dikelola di tingkat universitas, fakultas, program studi maupun minat. Unit-unit di lingkungan FK UGM dipimpin oleh seorang yang ahli dibidangnya, diangkat dan bertanggung jawab kepada Dekan FK UGM.

1.Laboratorium
Untuk mewujudkan visi UGM sebagai world class research university, Program Pascasarjana FK UGM selalu berusaha meningkatkan kualitas penelitian yang dihasilkan melalui penyediaaan sarana dan prasarana penelitian yang memadai. Berbagai laboratorium untuk keperluan penelitian dasar, klinik dan lapangan di lingkungan FK UGM & RSUP Dr. Sardjito dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran mahasiswa pascasarjana.
Laboratorium-laboratorium tersebut adalah :

a.Laboratorium bagian preklinik
Setiap Minat di lingkungan PS IKD & Biomedis Program Pascasarjana FK UGM memiliki sarana dan prasarana laboratorium untuk praktikum dan penelitian tesis mahasiswa pascasarjana. Laboratorium di lingkungan bagian preklinik meliputi

  • Laboratorium Anatomi dan Embriologi;
  • Laboratorium Biokimia;
  • Laboratorium Histologi & Biologi Sel;
  • Laboratorium Ilmu Faal;
  • Laboratorium Farmakologi;
  • Laboratorium Farmakologi Klinik;
  • Laboratorium Farmasi Kedokteran;
  • Laboratorium Mikrobiologi;
  • Laboratorium Patologi Anatomi;
  • Laboratorium Patologi Klinik dan
  • Laboratorium Parasitologi.
  • Selain itu masih terdapat 2 laboratorium yang bertanggung jawab langsung ke Dekan yaitu Laboratorium Biologi Molekular dan Laboratorium Antropologi.


b.Laboratorium terpadu FK UGM
Melalui Proyek OECF dari pemerintah Jepang tahun 2001, FK UGM memperoleh sarana dan prasarana berupa gedung dan peralatan laboratorium modern dan canggih untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan kemapuan penelitian. Sarana dan prasarana tersebut tersedia di laboratorium-laboratorium yang terletak di Gedung Radio Poetro, FK UGM dan dapat dimanfaatkan oleh para peneliti dari dalam maupun dari luar UGM.


c.Laboratorium penelitian dan pengujian terpatu (LPPT) UGM
Universitas Gadjah Mada menyediakan sarana dan prasarana yang terletak di LPPT UGM untuk keperluan penelitian dan pengujian. Mahasiswa PS IKD & Biomedis Program Pascasarjana FK UGM dapat melakukan praktikum atau penelitian tesis di laboratorium LPPT UGM. LPPT UGM juga memiliki beberapa kemampuan pengujian laboratorium yang terakreditasi.

d.Laboratorium lapangan
Fakultas Kedokteran UGM juga memiliki laboratorium lapangan yang terletak di Puskesmas, di Rumah Sakit Jejaring dan di desa atau daerah binaan di wilayah Propinsi DIY dan Jawa Tengah. Laboratorium lapangan tersebut dimanfaatkan untuk praktek lapangan dan penelitian tesis bagi mahasiswa PS IKD & Biomedis maupun mahasiswa program pascasarjana yang lain.


2.Unit Perpustakaan dan Informatika Kedokteran
Unit Perpustakaan dan Informatika Kedokteran berada dan dikelola di tingkat fakultas dengan tugas menyediakan dan melayani kebutuhan informasi terkini di bidang kedokteran, kesehatan dan informasi terkait lainnya bagi mahasiswa maupun masyarakat umum baik secara individu maupun institusional. Koleksi sumber belajar yang tersedia dan dapat diakses di Perpustakaan FK UGM antara lain buku teks (tersedia 11 ribu judul dan 21 eksemplar), jurnal cetak (350 judul), karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian ada 6 ribu judul), CD dan video kaset (100 judul) dan Online databases dari EBSCO Biomedical Conference Comprehensive (BRC) yang memuat 900 judul jurnal ilmiah.

Di tingkat universitas terdapat Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UGM dan UPT Perpustakaan UGM yang juga menyediakan berbagai sumber belajar dalam bidang ilmu yang lebih beragam. Selain itu kedua unit di tingkat universitas ini juga melanggan online databases yaitu dari ProQuest Academic Research Library (4.000 judul) yang dilanggan oleh Sekolah Pascasarjana UGM dan dari EBSCO Academic Search Premier (8.000 judul) yang dilanggan oleh UPT Perpustakaan UGM. Semua online databases tersebut bisa di akses dari lingkungan FK UGM sehingga memudahkan mahasiswa pascasarjana khususnya memperoleh sumber belajar dan informasi.

Di tingkat program studi, minat atau bagian di lingkungan PS IKD & Biomedis juga memiliki perpustakaan-perpustakaan yang menyediakan sumber belajar untuk bidang-bidang ilmu yang lebih spesifik dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika.

3.Unit Pelayaanan Kampus
Fakultas Kedokteran UGM juga memiliki unit pelayanan kampus yang dibentuk untuk pengembangan kegiatan peningkatan mutu lingkungan pendidikan. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh unit ini yaitu :

  • Pelayanan travel untuk memudahkan mahasiswa dan seluruh sivitas akademika dalam pemesanan tiket perjalanan;
  • Pelayanan katering berfungsi sebagai unit pengelola kantin-kantin dan catering di FK UGM;
  • Pelayanan pembelian peralatan belajar dengan teknologi tinggi berfungsi sebagai tempat pemesanan komputer, printer, PDA, kamera dan lain sebagainya untuk
  • memudahkan mahasiswa dan sivitas akademika memiliki peralatan tersebut;
  • Pelayanan pameran berfungsi sebagai tempat untuk pelayanan penyelenggaraan pameran/exposition di lingkungan FK UGM;
  • Pelayanan toko buku dan fotokopi berfungsi sebagai tempat penjualan buku teks pendidikan terutama untuk tingkat S2 dan pelayanan fotokopi.

4.Unit Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Unit Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertanggung jawab kepada Dekan dan bertugas

  • Mengkoordinasikan seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik staf edukatif maupun mahasiswa agar lebih berkualitas, terintegrasi, berwawasan global dan bermanfaat bagai kesejahteraan umat manusia dan Bangsa Indonesia;
  • Sebagai pusat informasi sumber-sumber dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  • Sebagai pembina penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan FK UGM;
  • Meningkatkan mutu penelitian secara berkelanjutan melalui sistem penghargaan dan pembinaan kepada peneliti muda;
  • Menyusun Rencan Kerja dan Anggaran UPPM;
  • Merangsang, mendidik, melatih kepedulian sivitas akademika terhadap kebutuhan masyarakat khususnya dalam hal pendidikan masyarakat dan pelayanan kesehatan;
  • Mengarahkan agar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersifat aplikatif dan mengikutsertakan mahasiswa.

5.Pusat-Pusat Pengembangan
Fakultas Kedokteran UGM saat ini memiliki 7 pusat pengembangan yang merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu di bidang kedokteran dan kesehatan. Ke 7 pusat tersebut adalah

  • Pusat Kedokteran Tropis (PKT)/Center for Tropical Medicine (CTM);
  • Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan (P2PK)/Center fo Health Behavior and Promotion (CHBP);
  • Pusat Kajian Bioetik dan Humaniora Kesehatan (PKBHK)/ Center for Bioethics and Medical Humanities (CBHM);
  • Laboratorium Penelitian Kesehatan dan Gizi Masyarakat (LPKGM)/Community Health and Nutrition Research Laboratories (CHNRL);
  • Pusat Manajemen dan Pelayanan Kesehatan (PMPK)/Center for Health Service and Management (CHSM);
  • Pusat Pengembangan Sistem Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Jaminan Kesehatan;
  • Clinical Epidemiology and Biostatistic Unit (CEBU).

6.Rumah Sakit Pendidikan
Fakultas Kedokteran UGM memiliki rumah sakit pendidikan (teaching hospital) yaitu RS Dr. Sardjito dan rumah-rumah sakit jejaring yang tersebar di wilayah DIY dan Jawa Tengah.