Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Filosofi Pendidikan

Filosofi pendidikan yang diadaptasi oleh Program Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM mengacu pada strategi yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Inovasi dan Akademik (PIKA) Universitas Gadjah Mada, yang saat ini sedang menerapkan modifikasi Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa (SCL) disebut Student-Teacher Aesthetic Role-sharing (STAR), atau juga dikenal sebagai SCL Plus. STAR adalah ciri khas Universitas Gadjah Mada dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi (Tiga Pilar Pendidikan Tinggi) dengan menggabungkan strategi pengajaran dan pembelajaran terbaru dengan kearifan lokal dari Ki Hajar Dewantara (1889-1959) yang dikenal sebagai Trilogi Patrap Triloka (ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutwuri andayani). Ada pergeseran paradigma di mana guru tidak lagi bertindak sebagai sumber utama informasi dalam proses pembelajaran, tetapi lebih dari seorang fasilitator dan mitra belajar bagi siswa. Untuk mencapai interaksi timbal balik antara guru dan siswa, STAR dirancang untuk mengakomodasi lingkungan belajar yang lebih kondusif. Trilogi menekankan interaksi siswa-guru dan terdiri dari pemodelan (bagi mereka yang di depan harus menjadi figur model), memotivasi (bagi mereka di tengah harus memotivasi), dan mendorong (bagi mereka yang di belakang harus mendorong). Diharapkan bahwa siswa akan lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan guru mereka, dan para guru akan lebih memperhatikan siswa mereka. Tujuan STAR adalah membangun karakter untuk guru dan siswa.


Berbagai strategi pengajaran dan pembelajaran digabungkan untuk menerapkan STAR dalam kegiatan kursus. Strategi umum yang telah digunakan untuk menyediakan lingkungan belajar yang dinamis adalah ceramah interaktif, diskusi kelompok kecil, pembelajaran berbasis masalah / kasus, klub jurnal, latihan praktis, penanganan data, dan pembelajaran berbasis proyek. Strategi-strategi ini mendorong pengembangan keterampilan siswa untuk menjadi self-directed, berpikir kritis, kerja tim, dan pembelajaran seumur hidup. Informasi filsafat pendidikan tersedia untuk akses publik di situs resmi Universitas Gadjah Mada, www.ugm.ac.id, dan di situs web program studi.