Program Pascasarjana
Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis
Fakultas Kedokteran

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Masa Pendidikan

Jangka waktu ideal yang ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar & Biomedis adalah 4 semester / 2 Tahun untuk semua minat utama dengan beban studi 44 s/d 50 sks, dengan toleransi perpanjangan masa studi 2 x semester.

  1. Batas masa studi mahasiswa program studi di lingkungan Program Pascasarjana FK UGM adalah 2 (dua) kali jumlah semester terprogram.
  2. Apabila masa studi telah terlampui, mahasiswa dapat mengajukan permohonan perpanjangan masa studi.
  3. Perpanjangan masa studi diberikan maksimal selama 2 (dua) semester.
  4. Syarat pengajuan perpanjangan masa studi adalah mahasiswa telah membayar seluruh total SPP.
  5. Prosedur perpanjangan masa studi dilakukan sebagai berikut :
    1. Mahasiswa mengajukan permohonan secara tertulis kepada pengelola program studi disertai dengan alasannya dan keterangan kemajuan studi yang telah dicapai yang diketahui oleh pembimbing tesis dan ketua minat.
    2. Bila pengelola program studi menyetujui akan dibuatkan pengantar ke Wakil Dekan Bidang Riset, Pengembangan dan Pascasarjana untuk disampaikan ke Dekan.
    3. Bila Dekan menyetujui akan dibuat surat persetujuan tertulilis untuk disampaikan ke mahasiswa melalui pengelola program studi
    4. Setelah mendapatkan ijin perpanjangan, mahasiswa diharuskan membayar biaya perpanjangan studi yang telah ditentukan dan melakukan pendaftaran ulang ke program studi.
  6. Dalam hal tertentu, mahasiswa yang telah mendapatkan perpanjangan masa studi maksimal selama 2 (dua) semester dapat mengajukan perpanjangan khusus selama 3 (tiga) bulan.
  7. Syarat untuk dapat mengajukan perpanjangan khusus adalah pembimbing tesis masih bersedia untuk membimbing dan pengelola program studi dan dekan menyetujui untuk memberikan perpanjangan
  8. Apabila perpanjangan masa studi tidak disetujui, maka mahasiswa dianggap tidak mampu untuk menyelesaikan pendidikan dan diberikan surat pengunduran diri serta Sertifikat Selesai Teori sebagai keterangan pernah mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana FK UGM dan telah menempuh teori sebanyak SKS yang berhasil diselesaikan.
  9. Sertifikat Selesai Teori yang diberikan bukan merupakan pengganti ijasah.