Program Pascasarjana
Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis
Fakultas Kedokteran

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jalur Seleksi

Program Pascasarjana FK UGM Program Studi IKD & Biomedis menawarkan berbagai program pendidikan reguler dan program khusus dengan masa studi efektif antara 18-24 bulan (3 – 4 semester).

  1. Program Reguler
    Program reguler PS IKD & Biomedis mempunyai masa studi efektif 24 bulan (4 semester) yang terbagi menjadi 4 semester. Program reguler untuk setiap tahun ajaran dimulai pada bulan September.
  1. Program Khusus
    Program Studi IKD & Biomedis Program Pascasarjana FK UGM menjalin kerjasama untuk menyelenggarakan pendidikan S2 bagi staf dari institusi pendidikan tinggi lain atau dari institusi lain baik pemerintah maupun swasta. Masa studi untuk program khusus antara 18-24 bulan (3-4 semester).

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

  1. Seleksi dilakukan oleh suatu tim yang terdiri atas Ketua Program Studi sebagai Ketua Tim Seleksi, Sekretaris Program Studi sebagai Sekretaris dan para Ketua Minat sebagai anggota.
  2. Kriteria seleksi meliputi :
    1. Kemampuan akademik;
    2. Kelengkapan persyaratan yang telah ditentukan;
    3. Kesesuaian keinginan dengan latar belakang pendidikan;
    4. Daya tampung program studi
  3. Hasil seleksi dilaporkan secara tertulis oleh ketua tim penilai kepada Wakil Dekan Bidang Riset, Pengembangan dan Pascasarjana untuk diteruskan kepada Dekan. Isi laporan mencakup :
    1. Nama-nama yang diterima, yang disusun menurut urutan prioritas.
    2. Nama-nama yang ditolak disertai alasannya.
  4. Seleksi pelamar dilakukan paling lambat dalam pertengahan bulan Mei dan hasil seleksi telah diterima oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Pengembangan dan Pascasarjana paling lambat akhir minggu ketiga bulan Juni. Keputusan terakhir tentang dapat tidaknya calon diterima ditentukan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi.
  5. Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa diberitahukan secara tertulis oleh Direktorat Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada (DAA-UGM ) atas usulan Dekan. Surat pemberitahuan ini berisi juga surat panggilan untuk mendaftar ulang beserta syarat-syarat pendaftaran sebagai mahasiswa (bagi mereka yang diterima) yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.