Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Galeri Poster

 

 No Nama Pengarang
Latar Belakang
File
1 Rahma Triyana Y, Sitti Rahmah Umniyati, Budi Mulyaningsih Aedes aegypti adalah vektor utama virus dengue. Artificial Membrane Feeding (AMF) assay adalah metode transmisi virus dengue secara tidak langsung di Ae. aegypti. Metode ini menggunakan darah-terkoagulasi dan virus DEN-3 di insektarium. Antikoagulan berfungsi untuk memperlambat terjadinya penggumpalan darah untuk makan nyamuk Ae. aegypti. Poster
2 Ayu Anggraini, Ginus Partadiredja, Zaenal Muttaqien Sofro Penelitian terkait pengembangan hewan model menggunakan neurotoksika telah banyak dilakukan. Namun, penggunaan neurotoksika yang lebih efektif untuk membuat model penyakit demensia Alzheimer belum diketahui. Trimetiltin (TMT), skopolamin dan D-galaktosa merupakan jenis neurotoksika yang penggunaannya sederhana, yaitu melalui intraperitoneal dibandingkan dengan jenis neurotoksika lainnya yang diberikan secara intraserebral.
Poster
3 Ermawati, Dwi Cahyani Ratnasari, Setyo Purwono, Muhammad Mansyur Romi, Nur Arfian
Penyakit ginjal kronis (CKD) menyebabkan fibrosis ginjal dengan ditandai oleh aktivasi fibroblas, pembentukan myofibroblas dan upregulation TGF-ß1. Transforming growth factor-β1 (TGF-β1) dapat mengaktifkan proses Snail yang berperan dalam transisi fibroblas menjadi myofibroblast. Ekstrak etanol daun yakon diketahui tidak memiliki efek protektif pada nefropati diabetik namun efeknya pada model CKD tidak diketahui.
Poster
4
Andi Alfia Muthmainnah Tanra, Woro Rukmi Pratiwi, Setyo Purwono
Indonesia merupakan salah satu negara dengan insidensi tuberkulosis multidrug resistant (TB-MDR) tertinggi di dunia mencapai 32 ribu kasus pada tahun 2015. Angka keberhasilan terapi TB MDR juga masih rendah 51% dan jauh dari target yang ditetapkan oleh WHO sebesar ≥75%.
Poster
5 Nurlaela, Zaenal Muttaqien Sofro, Ginus Partadiredja
Monosodium glutamat merupakan penyedap rasa yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk meningkatkan cita rasa makanan. Peningkatan konsentrasi glutamat dapat meningkatkan neurodegerasi dan kematian sel neuron melalui epitoksisitas pada sistem saraf pusat terutama hippocampus.
Poster