Program Pascasarjana
Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis
Fakultas Kedokteran

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Bakti Sosial Mahasiswa Prodi S2 IKD dan Biomedis FK UGM angkatan 2016

 
 
Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, pada hari Senin 12 September 2016 (bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Adha 1437 H), mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Kedokteran Dasar & Biomedis (IKD & Biomedis) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada angkatan 2016 menggelar bakti sosial bertemakan “We Care, We Share, We Treat” di Dusun Jetis, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Bakti sosial dilakukan dengan bekerja sama dengan Yayasan Panti Sahabat dan Yayasan Yatim Mandiri. Yayasan Panti Sahabat merupakan panti yang menampung anak-anak yatim, yang kini berjumlah 61 anak. Panti ini belum memiliki bangunan tetap untuk menampung anak-anak tersebut, sehingga anak-anak tersebut masih tinggal bersama orang tua tunggalnya. Yayasan Panti Sahabat diketuai oleh Bapak Sugiyanto.
 
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam bakti sosial ini meliputi pemeriksaan hewan qurban, pengobatan gratis, penyuluhan, bazaar pakaian layak pakai, dan beberapa perlombaan untuk anak-anak. Acara berjalan secara paralel, sehingga tim panitia dibagi menjadi 4 kelompok, yang masing-masing bertugas di bagian pemeriksaan hewan qurban, pengobatan, penyuluhan, bazaar pakaian gratis, bazaar sembako murah, dan lomba anak-anak.
 
Masyarakat tampak antusias mengikuti jalannya kegiatan, meski saat itu terik matahari cukup menyengat. Masyarakat terlihat gembira, terutama pada saat menerima pakaian layak pakai gratis yang masih tampak baru. “Ini bajunya gratis tapi masih bagus-bagus," ungkap Ibu M saat mendapatkan sebuah baju.
 
Di bagian pengobatan gratis, warga tampak antusias memeriksakan kesehatannya meski didapatkan sedikit kendala, yang mana sebagian besar panitia dari mahasiswa S2 IKD tidak paham bahasa Jawa. Sehingga panitia S2 IKD harus dibantu oleh panitia dari Yayasan Panti Sahabat untuk menerjemahkan keluhan yang disampaikan oleh warga. Kegiatan ditutup pukul 12.30 WIB dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia bakti sosial S2 IKD kepada Yayasan Panti Sahabat, selain penyampaian bingkisan dari Yayasan Yatim Mandiri berupa vitamin dan obat-obatan.