Program Studi Magister Ilmu Biomedik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Kamis, 22 Maret 2018 - 07:21:07 WIB

Pengabdian Masyarakat - 2018

Dikirim oleh Suhandoko Ariwibowo Dibaca 2539 kali
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Mewujudkan Indonesia Sehat

Salah satu misi Program Studi Magister Ilmu Biomedik (MIB), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM, adalah menyelenggarakan pendidikan pascasarjana untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengabdi kepada masyarakat. Untuk mewujudkan misi tersebut pengelola Prodi MIB bersama dengan mahasiswa angkatan 2017 mengadakan bakti sosial di dusun Terong, desa Dlingo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi serta dapat memberikan konstribusi positif kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan pada hari sabtu, 24 Februari 2018 ini mengambil tema “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Mewujudkan Indonesia Sehat”.
Dusun Terong merupakan dusun yang luar biasa indah dengan hamparan sawah dan udara yang sejuk. Secara geografis dusun ini terletak di dataran tinggi yang didominasi oleh perbukitan karst.  Desa Dlingo memiliki Luas 804,25 Ha, yang terdiri dari daerah pemukiman dan perbukitan terutama di bagian timur. Jumlah penduduk Desa Dlingo pada tahun 2012 berjumlah 5590 jiwa yang terdiri dari 2767 perempuan dan 2823 laki-laki dari 1772 Kepala Keluarga.
Sasaran pengabdian masyarakat adalah murid – murid SDN Dlingo dan warga Posyandu Dlingo. Sekolah dan posyandu ini terletak cukup jauh dari jangkauan tenaga medis. Rombongan mahasiswa dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama bekerja di SDN Dlingo dan kelompok kedua bekerja di Posyandu Dlingo. Jarak kedua lokasi tersebut cukup jauh, yaitu kurang lebih 4 km, dipisahkan oleh bentangan hamparan sawah.
Kegiatan di SDN Dlingo berupa penyuluhan kesehatan, terutama tentang cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar. Penyuluhan dilanjutkan dengan pembagian souvenir kepada murid-murid berupa sikat gigi dan pasta gigi, serta konsumsi roti dan susu kemasan. Kegiatan di Posyandu Dlingo berupa senam pagi bersama yang didahului dan diakhiri dengan pengukuran tekanan darah. Setelah itu dilakukan penyuluhan kesehatan oleh salah seorang perwakilan mahasiswa, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Acara di posyandu ini mendapatkan respons cukup antusias dari ibu-ibu serta lansia.